Minggu, Januari 25, 2009

Mendengarkan Suara Allah

Beberapa bulan yang lalu, di sebuah toko buku besar, dipajang buku berjudul, 'What is the point of being a Christian ? apa makna dan tujuan menjadi Kristen, Timothy Radcliffe OP'. Nampak menarik, maka lalu diambil dan diolak-alik. Pengantar & biografinya menantang untuk dibaca.

Tak lama kemudian di milis, juga ditawarkan sebuah program olah rohani, berupa retret oleh pembicara, pembimbing Timothy Radcliffe OP. Berangkat dari bayangan bahwa materi & pembicaranya bagus, maka dihubungilah Sdr Suditomo, pengurus Lumen-2000 Indonesia. Mendaftar diri ikut kegiatan rohani, retret masal.

Sabtu 17/1/'09 pesanlah 'Dragon Jaya Travel' tujuan Katedral Jkt. Pukul 09.00, turut bus pertama yang disediakan panitia, menuju Via Renata, Cipanas Puncak Bogor.

Acara dimulai sore hari, 17.30. Pada sesi awal, duduk jejer berdampingan dengan Rm Indrakusuma O.Carm. Omong-omong singkat. Cerita-cerita, asal-usul sampai bisa ikut kegiatan rohani berskala besar itu. Asal-muasalnya, berangkat dari informasi internet. Berangkat dari cerita ini, orang spiritual sekaliber Rm Indrakusuma, meng-iyakan, bahwa tehnologi informasi jaman sekarang, memang bisa amat mendukung, karya-karya pelayanan Gereja: Karya kerohanian, karya spiritual, karya pastoral & karya kerasulan.

Dalam pelaksanaannya, memang terasa:
a. Pesertanya cukup banyak. Sekitar 240-an imam. 120, diosesan. Selebihnya, dari berbagai ordo dan konggregasi.
b. Mata acara demi mata acara, lancar, mengalir, tak membosankan.
c. Koordinasi & informasi-informasi, tersampaikan dengan cukup jelas & rinci.
d. Bahan dasar juga dibagikan pada masing-masing peserta dalam bentuk CD.

Dan itusemua-itusemua, tak lepas dengan yang namanya tehnologi komunikasi. Banyak alat tehnologi informasi yang digunakan:
1. Tilpon kabel.
2. Ha-Pe
3. SMS
4. E-mail
5. Internet
6. Radio CB
7. Komputer
8. LCD
9. Wireless.
10. Sistem digital.

Satu.
Manusia diciptakan untuk memuji, menghormati serta mengabdi Allah Tuhan kita, dan dengan itu menyelamatkan jiwanya. Ciptaan lain di atas permukaan bumi diciptakan bagi manusia, untuk menolongnya dalam mengejar tujuan ia diciptakan( Lat. Roh. St. Ignatius. Art. 23, Asas Dasar).

Kebetulan ternyata, arah dari uraian Fr Timothy Radcliffe OP, --yang juga menjadi pesan-pesan retreat-- adalah mendengarkan Allah. Mendengarkan Suara Allah terjadi dalam Ekaristi. Di sana dalam keheningan. Di sana, dalam Sabda-sabdaNya. Di sana dalam kehadiran Roti & Anggur.

Dua.
Di dekat jembatan, Pasar Bumiayu, Trail-mot-nas pernah ditawari oleh seorang pedagang VCD keliling. Diperlihatkan olehnya, sekeping CD berjudul 'Selingkuh Itu Indah'. Setelah diputar, ternyata isinya betulllll......... Kumpulan kegiatan-kegiatan orang ber-selingkuh.

Pernah pula, Trail-mot-nas dikonsultasii, seseorang yang terlibat skandal perselingkuhan. Betulll..... ruwet ! Bundhet ! Marahi mumet ! Dan itu, terjadi karena bermula dari SMS=Sarana Menuju Selingkuh.

Tehnologi. Juga Tehnologi Informasi memang, ternyata:
I. Bisa membantu mendengarkan Suara Allah.
II. Bisa juga sebaliknya, justru menjerumuskan orang pada lingkaran dosa. Dus, menjadikan situasi jauh dari Allah.
Tiap manusia dihadapkan pada kedua pilihan itu.

Selanjutnya, terserah kita.
Selanjutnya, terserah annnnnnnda...........

Syalom. Wilujeng wengi. Rahayu.

Wasalam:
-agt agung pypm-

Tidak ada komentar: