Minggu, Desember 14, 2008

N e c i s

"Necis'. Apa arti kata necis. Kata berhuruf lima itu mengandung aneka makna estetis. Luwes, iya. Pantes, iya. Serasi, iya. Cocok, iya. Gagah, iya. Rupawan, juga iya. Kata itu dipakai untuk mengungkap-kan 'rasa', berkaitan dengan orang berpakaian. Nyaman di pandangan. Nyaman ber-sandang pakai-an.

Memang, necis berkaitan dengan penampilan seseorang. Terutama penampilan dalam ber-pakai-an. Seorang dhalang wayang, pernah meng-ucapkan kata itu dalam adegan goro-goro-nya, Luwes, pantes, gandhes. Tapi ada satu kata tambahan yang muncul kemudian, yakni apes. Dilakonkan, Petruk, suatu hari berpenampilan istimewa. Pakai jas pantolan, serasi, bermodel pakaian kondangan. Malah ditambah lagi bagian tubuh teratas, ditambahi aksesori --pakai topi. Tapi, aneh suatu hari Petruk dicari banyak orang. Kenapa. Kenapa-eh ternyata, Petruk pakai baju model kondangan, berstatus 'kredit-an. Hari itu adalah hari jatuh tempo, baju model kondangan harus lunas. Kalau tak lunas, baju akan ditarik oleh broker. Betul, Petruk jadi luwes, pantes, gandhes, tapi akhirnya apes.

Di Blue-moon, Kota Cilacap, ada penjahit dekat perempatan lampu merah, menempeli warung-jasa-jahit-nya dengan sebuah kata: 'N-E-C-I-S'. Itulah nampaknya, visi yang dipegang atas usaha jahitnya.

Necis, identik dengan rapi. Menarik, menimbulkan daya tertarik. Kaum wanita, biasanya memberi prioritas ekstra dalam segi ini. Namun kalau tak hati-hati, justru bisa seperti orang jualan aksesori.

Ketika, kerja di Jakarta, pulang dan pergi naik bus kota. Suatu pagi ada peristiwa tak terduga. Ketika bus berpenumpang penuh melaju, tiba-tiba berhenti seperti terasa tergesa-gesa. Rem menghambat laju bus agak mendadak. Apa yang terjadi ?! Ternyata tiba-tiba, seorang pria kekar ber-topi rapat, bermata gelap, menarik seorang muda. Orang muda itu berpakaian style, ala pekerja kantoran. Baju hijau muda lengan panjang. Celana gelap, berstrika lurus rapi. Orang muda ditarik keluar dari pintu bus, langsung di pukuli tak segera berhenti. 'Buk-buk-buk. Plek-plek-plek'. Weladalah-kopyah, jebule orang muda ber-style kantoran itu ternyata seorang p e n c o p e t. Di atas bus, dia tertangkap basah sedang men-copet. Si pria kekar, bertopi rapat, berkacamata gelap, ternyata adalah seorang aparat.

Penampilan, bisa mengecoh orang.
Penampilan, bisa juga untuk men-tipu orang.

Syalom. Wilujeng ndalu. Rahayu-rahayu-rahayu.

Wasalam:
-agt agung pypm-

www.lelakuku.blogspot.com




1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل