Senin, September 29, 2008

Polos & curiousity. Rahayu

5479749-md Syalom. Wilujeng ndalu. Rahayu-rahayu-rahayu.

Kemajuan seorang muda, seorang mahasiswa, ditentukan oleh kepolosan, dan ke-ingin-tahuan-nya. Kerendahan hatinya untuk memberanikan diri bertanya. Demikian --kuranglebih-- saran dari Prof. Bert Van Der Heiden SCJ (alm), dalam salah satu introduksi pengajaran.

Ada seorang rekan beberapa kali membaca ekspresi pengalaman & gagasan saya, lantas bertanya:  'Kok ada sebutan Rahayu-rahayu-rahayu, itu apakah punya kawan wanita bernama Rahayu. Ataukah dia itu Idola. ? Atau .... apa....?'
Ada Rahayu Effendi. Ada Bis Rahayu. Ada bengkel las Rahayu Jaya. Dll.

Rahayu Effendi (lahir tanggal 30 Agustus 1942 di Bogor) adalah aktris Indonesia. Ia adalah ibu dari aktor Dede Yusuf. Pemeran film Bundaku sayang, Antara Surga Dan Neraka 1976, dan beberapa film lain. ….

Kata atau istilah 'Rahayu'  berasal dari bahasa sansekerta.. Arti yang dimaksud, selamat, sejahtera, jauh dari musibah atau kekurangan.. Makna tersirat Kata itu tak jauh dengan kata, raharjo, tata-titi-tentrem, damai, sejahtera, berkecukupan lahir-batin. Kata dekat yang lain dan populer adalah, Slamet. Pengembangannya, jadi ada 'slametan', selamat-an. Maka kata Slamet, kerap dipakai untuk nama orang. Ada banyak orang bernama Slamet..

Dalam faham soteriologi kristianitas, kata rahayu, termaktub dalam faham 'Damai sejahtera' yang kerap kita jumpai di Kitab Suci. Lebih-lebih dalam surat-surat Paulus.

Rahayu juga kerap dipakai sebagai kata sapaan-pembuka, sebagai salam dalam suatu pertemuan banyak orang. Dari islamisme, ada kata untuk salam: Assallam wu alla i cum, Wbr.... Dari lingkup pergaulan nasional, ada kata salam, Damai sejahtera untuk kita semua. Dari hinduisme, ada kata, Honk Sancti, sancti, sancti.( maap kalau salah..). Dari orang-orang kristen ada kata sapaan Syallom. Ada kata populair pula yang kerap kita pakai, Selamat Pagi, Berkah Dalem.

Kalau kita kerap menghadiri pertemuan-pertemuan kemasyarakatan di daerah Genthawangi - Jatilawang - Adipala - Kuripan - Pesanggrahan, sapaan dengan kata Rahayu, hampir setiap kali kita dengar. "Rahayu-rahayu-rahayu".  Kata rahayu ini merupakan istilah sapa-menyapa di kalangan para penghayat agama asli, kejawen. Saya pakai istilah agama asli, karena dalam 'kejawen' ada banyak aliran. Di tempat berbeda, kejawen-nya bisa pula berbeda.

Karena itu:

Theresia Rahayu Istantiah,

Agnes Rahayu Nur Wening,

Theodora Ningrum Rahayu,

Clara Rahayu Inggrid,

Stepha Mince Prabdi Rahayu,

Ignatia Lieke Harum Rahayu,

adalah nama-nama yang indah. Silahkan ditawarkan untuk dipakai bagi bayi-bayi, yang sedang dikandung ibunya. Dan hampir dilahirkan. Karena makna berbobot yang terkandung dalam kata itu : R a h a y u.

Wasalam:

- agt agung pypm -

7 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf mas penulisan istilah Agama i.e. salam salam dr berbagai agam mohon direvisi.. mungkin ada ambigu negatif ..terima kasih.
Salam rahayu..
Terus Menulis..

Uki mengatakan...

Jadi tulisan salam milik umat Islam yang sebenarnya (dalam tulisan bajad latin) begini:
"Assalaamu 'alaikum wa rohmatulloohi wa barokaatuh"
Artinya: (Semoga)keselamatan, kasih sayang Allah, dan barokah-Nya terlimpah atasmu.
Mohon dibenarkan ya

Anonim mengatakan...

Kesan tendensiusnya kuat sekali. Jika Anda benci agama (lain), perjalanan pencarian Tuhan Anda akan sia-sia. Salam damai.

I Gede mengatakan...

Mohon koreksi Pak.
Utk salam Hindu yg benar itu:

Om Shanti, Shanti, Shanti, Om.

(Arti keseluruhan: Damai di hati, damai di dunia, damai selalu dlm lindungan Tuhan. Arti per kata: Om = Gabungan fungsi Tuhan sbg Pencipta, Pemelihara, dan Pelebur Alam semesta; Shanti = Damai)

Unknown mengatakan...

Lestarikan budaya bangsa :y

Unknown mengatakan...

Lestarikan budaya bangsa :y

putra mandiri autofilm mengatakan...

sugeng rahayu sedoyo mawon