Sabtu, September 06, 2008

Klepon

Syalom. Wilujeng ndalu. Rahayu-rahayu-rahayu.

4987850-md Masih di sekitar Ajibarang. Di suatu sore, saya  pulang dari sebuah perjalanan. Karena penat, ambil istirahat di pertigaan lampumerah alun-alun Ajibarang. Duduk di tikungan kiri arah selatan. Lihat banyak orang pada berseliweran dan naik turun bis. Untuk ngusir laper, pesan saya sepiring nasi goreng.

Ketika duduk nunggu nasi, datanglah seorang perempuan, penjual jajan pasar. Ditangannya tercangking beberapa tumpuk tenong, berisi aneka makanan. Dibukanya tenong-tenong itu. Lalu dia menawarkan, "Jajan pasar, jajan pasar mas.! Jajan pasar. Murah meriah. Enak dilihat. Enak dirasa."

Tenong-tenong itu digelar di hadapan saya. Salah satu jenis makanan itu adalah klepon, warna hijau, diwadahi sudi kecil-kecil. Salah satu sudi berisi klepon saya ambil. Saya amat-amati di tangan. Lalu saya tanya pada wanita penjual itu: "Niki kelon nggih Mbak ?!" Penjual itu nanggapi, "Napa mas ?". Saya ulang pertanyaan saya, "Niki kelon nggih mbak ?!". Penjual itu jawab: "Sanes mas, niki jenenge klepon !". "O....! Sak ngertos kula maeman ngeten niki jenenge kelon-e....?"  Jebul klepon ta !". "Wah Mas-e niku ada-ada saja..! Klepon kok diujarne kelon !", sahutnya.

Lalu meluncurlah tanya saya pada penjual yang agak atraktif itu, "Lha bedane antara klepon kaleh kelon napa....?". Dia coba jelaskan, "Nek klepon niku makanan, jajan pasar. Lha nek kelon niku ........?" Tiba-tiba dia mandheg bicaranya sambil nutup bibirnya dng tangan. Ujarnya, "Wah mase ki saru....!". "Lho saru priben ta....? Wong niki murni ati nurani !"  sahut saya. Penjual makanan itu lalu beri penjelasan, "Nek klepon niku panganan. Wujude kados niki. Enak !." Lalu saya tanya, "Sampeyan nggih taksih sok mangan maeman niku ?" “Inggih. Taksih raos enak, wong bendina ngedhep ?" "Inggih..", jawabnya.

Lalu saya tanya lagi, "Lha nek kelon ?! Jarene nggih enak, jenengan taksih sok nglakoni boten...." Dia ragu-ragu mau jawab. Lalu dari mulutnya keluar kata, "Lha enggih. Ning nggih ampun dikandak-kandakne ta...! Isin....." Lalu saya komentar, "Jenengan isin ning nglakoni...tur bola-bali?" “Lha enggih wong jenenge wajib kok...! Ning nggih pripun nggih, wajib ning penak sih..., Dadi numani...." Tanggapan dia sambil senyum simpul. "Woow, ya padha baen...!.", komentar saya.

Ada kelakuan, yang kerap dipandang tabu, saru, lalu dilarang, bahkan dinilai dosa. Tetapi toh dilakukan terus-menerus: KKN, selingkuh, korupsi, pemalsuan, dsb. Masih setiap kali terdengar. Mari kita berhatinurani.


Wasalam:
- agt.agung pr.-

Tidak ada komentar: