Minggu, November 30, 2008

Taman Tani Sala-3

Senin pagi 24 Nov '08, Trail-mot-nas, R 5982 RH, meluncur dari Purwokerto menuju Kota Salatiga. Tujuan-nya untuk ikut kursus 'Organik', paket 6 hari. Diperlihatkan di sana, tentang makanan, tanaman, pupuk, pestisida, ternak, jamur yang ramah lingkungan.

Sabtu siang, selesai. Trail-mot-nas-pun kembali meluncur ke Purwokerto, dengan mampir Banjarnegara Gilar-gilar, untuk misa model 'Jawanan'. Minggu sore terus ke Stasi Ajibarang. Doa bersama, ekaristi bersama, makan bersama. Cerita punya cerita, umat-pun bertanya, apa oleh-oleh-nya dari KPTT Salatiga. Oleh-oleh-nya adalah 'J e b u l':

Jebul:
  1. Nasi & makanan berbahan organik, lebih enak rasanya. Dan nyaman di perut.

  2. Pilih sayur kobis di pasar. Kobis yang sehat adalah yang justru bolong-bolong, dimakan ulat. Itu pertanda, kobis bebas pestisida.

  3. Pilih tahu sehat. Tahu yang sehat, berciri mudah pecah, kinyil-kinyil. Putih warnanya. Tak berwarna kuning. Jika kenyal, elastis seperti karet, dan menarik dipandangnya, pertanda tahu tsb diolesi borag, atau formalin. Biar awet, tak cepat busuk.

  4. Gesek, atau gereh, ikan asin. Gereh yang sehat justru yang berciri rapuh, mudah pecah. Itu tanda bahwa tak pakai formalin. Jika gereh, utuh, liat seperti karet, itu pertanda dicampuri pengawet.

  5. Lethong. Lethong adalah kotoran hewan. Lethong sapi, babi, kambing, kelinci bisa dibuat pupuk organik. Demikian juga 'oeyoeh'-nya. Ada pupuk padat. Ada pupuk cair. Tak hanya itu, kotoran hewan bisa dibuat biogas. Semacam LPG. Gas-bio bisa dipakai untuk ngliwet, adang, nyayur, nggoreng dsb. Dengan biogas, pemakaian LPG, bisa ngirit 70 %.

  6. Ada orang ternak sapi perah skala besar. Ternyata, eh ternyata, yang paling menguntungkan justru dari lethong-nya. Dibuat pupuk organik, pupuk kandang. Pesanannya, dari mana-mana. Omzet-nya sudah milyar-an.

  7. Dsb-dsb,......ka-atur-an two - mouth kursus organik D-W-D-W........

Selamat meng-usahakan hidup sehat. Terimakasih KPTT & instansi terkait.

Syalom. Wilujeng ndalu. Rahayu-rahayu-rahayu.

Wasalam:
-agung pypm-
www.lelakuku.blogspot.com

NB:
Jebul = Ternyata
KPTT = Kursus Pertanian Taman Tani
Organik = pertanian, bercocok tanam organik
Trail-mot-nas = Motor Trail Dinas

www.kptt.or.id
www.kptt.edu.eu.org
www.lembahhijau.com

Tidak ada komentar: