Senin, Mei 24, 2010

Nyata Tapi Aneh. Aneh, tapi Nyata.

I. Nyata, tapi aneh
 

1. Seorang umat, agak tua, ketika tanya, dan lalu cerita tentang sebuah stasi desa, bilang begini: 
'Wahhhh, saya tak mau lagi ke stasi itu. Kapok. WC-nya itu lho...! Njijiki....!. WC tempate umat sebelah gereja itu'.
 

2. Seorang rohaniwan-imam muda, berkelakar begini,
"Ngapa repot-repot pergi ke desa. Ndesa-e kok. Desa itu tak ada apa-apanya ?'.
 

4. Seorang rohaniwati, dalam sebuah kesempatan menumpang kendaraan tua, bilang begini: 'Ngapa naik mobil jelek kayak gini. Ndak mau, saya. Tak mau naik mobil jelek. Mbok ganti...!'

II. Keuskupan Purwokerto, dalam reksa pastoralnya, menekankan 'Pastoral Pedesaan'. Pastoral pedesaan, mengandung arti, 'Manjing, ajur, ajer, dengan umat pedesaan. Dengan persoalan-persoalan eko-lingkungan. Dengan ipoleksosbudhankam-pedesaan. Dengan maksud agar Kerajaan Allah, kuat berakar. Dan lalu Tuhan Allah dipuji, dan dimuliakan.

III. Dalam kesaksiannya kpd para Ibu-Ibu WK, dan LanSia, di acara kunjungan, 30 Mei kemarin, Suster-suster BKK di Wangon cerita:
Ketika datang, ketika membuka pintu gereja Wangon, yang tercium adalah bau kotoran manusia, yang keluar dari jumbleng-jumbleng, atau wc-sederhana orang-orang desa. Lingkungan tak sehat. Lingkungan tak nyaman. Lingkungan memprihatinkan.
Lalu keliling desa. Melihat, mengamati, mengobservasi, mensurvei. Lalu pendekatan dengan masyarakat, dengan Bu Lurah. Diajak sadar sehat. Dipelopori buat jamban, atau WC, atau toilet. Lalu dicarikan dana. Masing-masing KK, diberi bahan material untuk buat  WC: semen, batu, pasir, toilet keramic, pralon. Total senilai 650-ribu.  Diberi contoh, mereka diajak bikin sendiri itu WC. Dan, bisa. Sekarang, jika buka pintu gereja Wangon, bau kotoran manusia itu tidak ada  lagi. Lingkungan, juga jadi sehat. Suster BKK, kini dihormati di desa. Meski belum akan pindah, sudah diminta oleh orang-orang desa, jangan pindah.

IV. Suster-suster BKK, doakanlah kami, agar punya hati ke desa..........

Mari kita pergi ke desa. Selamat ber-pastoral-pedesaan.

Syalom. Wilujeng. Rahayu.
Wasalam:
-agt agung pypm-

Tidak ada komentar: