Senin, Agustus 03, 2009

Face-book & KPTT

1. Bawor, Dora-Emon mengirim pesan, mengajakmu sebagai teman !, Diterima atau tidak ?
2. Bawor jawab: 'Ya...'
3. Dora-emon, ajakanmu untuk berkawan dengan Bawor, diterima.
4. Dora-emon & Bawor, kini berkawan.


Demikianlah, pola-pola komunikasi yang sekarang sedang 'trend' di dunia komputer, dunia internet, dalam bentuk program 'Face-book'. Orang yang dulu saling tak kenal, jadi saling berkawan, bersahabat. Dan persahabatan itu melintasi batas-batas, budaya, batas suku, batas wilayah, batas strata ekonomi. Banyak orang dari berbagai penjuru dunia, bisa jadi sahabat. Dan itu menjadi mungkin, karena ada yang namanya 'Face-book'.

a. Mbah Hadi seorang pensionan guru. Berwira usaha. Agar maju, ikut kursus jamur dan pola pertanian sehat di KPTT.
b. Jimmy, seorang yang dulunya penduduk Jakarta. Pulang ke desa. Lalu mau usaha apa. Ingin survive, maka ikut kursus wirausaha jamur & pertanian sehat di KPTT.
c. Indra, seorang calon frater yang mengundurkan diri, lalu jadi awam. Ia ingin hidupnya berisi, bermakna, berkembang, maka lalu ikut kursus wirausaha jamur & pertanian sehat di KPTT.
d. Lucy, baru lulus SMA bruderan. Mau kuliah, butuh dana banyak sekali. Mau kerja, belum ada lowongan. Dan belum ready untuk itu. Lalu ingin hidup berkembang. Maka ikut kursus wirausaha jamur & pertanian sehat di KPTT.
e. Wandi & Agus, lulusan SMA & SMP. Rumahnya di pelosok Jipang, pegunungan. Memeluk agama Moslem. Juga tak ada modal untuk cari nafkah dengan bekerja. Ada kesempatan, dan ada kemauan, maka mereka ikut kursus wirausaha Jamur & pertanian sehat di KPTT.

Sekarang, Mbah Hadi, Jimy, Indra, Luci, Wandi & Agus, menjadi berkawan, bersahabat. Bukan karena Face-book, melainkan karena ikut kursus Wirausaha Jamur & pertanian sehat. Mereka, dari tempat berlainan, usia berlainan, agama berlainan, lalu jadi bersahabat, karena menghadapi soal yang sama, yakni urusan pangan. Dus, soal pertanian, bercocok-tanam. Maka lalu bersatu, sebangku dalam kursus hal pangan di KPTT. Akhirnya mereka menjadi sahabat.

Urusan pangan, adalah urusan pertanian & bercocok-tanam. Semua orang butuh pangan untuk dimakan. Bermula dari urusan pangan, tumbuhlah sebuah persahabatan. Malah persahabatan lintas iman. Menjadi sebuah jalinan. Jalinan itu, jalinan persahabatan.

Selamat, meng-usaha-kan, jalinan-jalinan lintas iman. Menjadi sebuah jalinan persahabatan.

Syalom. Wilujeng. Rahayu.

Wasalam:
-agt agung pypm-

Tidak ada komentar: