Rabu, Maret 17, 2010

APP, terus PSE, terus .....

Seorang umat, anggota milis  melontarkan pertanyaan. Pertanyaannya, sehubungan dengan pengumpulan dana APP, aksi puasa pembangunan: 'Untuk apa, dana-dana itu ?'

Tulisan ini tak bermaksud menjawab tuntas, atas pertanyaan umat awam yang lugu & orisinal itu. Tetapi, sebuah dialog antara pelaku, peng-upaya pemberdayaan umat/masyarakat dengan instansi yang berkaitan, bisa sedikit memberi gambaran, dan lalu bisa jadi jawaban:

Surat I:
Selamat pagi Rm War.

Maap, saya sudah kontak orang-orang, belum bisa ngirim kursusan lagi. Alasan kebanyakan, adalah kini masih musim tanam. Banyak yang pada sibuk di sawah, di ladang. Air sedang murah. Pak Riwud, yang dulu mau saya kirim, digondheli istrinya. Takut nanti jatuh sakit. Dan susah ninggalkan enthog, ayam dan wedhusnya.

Kemarin sore saya datang ke rumahnya. Setelah tak jadi berangkat, saya ajak dia ke rumah Karsum. Orang Jatilawang, kejawen, yang dulu ikut kursus, dengan Pak Darlim dan Pak Parta. Dia amat sibuk garap sawah. Baru saja panen, dan mau tanam winih lagi.

Di rumah Karsum, usaha jamur jalan. Pernah panen. Bisa jual hingga satu kwintal. Sekarang sedang tak keconggah, tenaganya. Tapi panen jamur jalan terus. Bisa untuk sayur harian. Anaknya, kecil balita, senang makan jamur tiram.

Sabtu, saya ke tempat Pak Hadi, Winduaji Bumiayu, Dia dengan Indra, Jimy, jalan terus gudang jamurnya. Belakangan, sudah bisa jual dikit dua dikit. Minggu terakhir, Indra sudah mengkader kawannya, dari Sedayu Yogyakarta. Diajak ke Bumiayu, ikut belajar usaha jamur.

Demikian, kabar dari Purwokerto. Nanti jika musim tanam selesai, semoga ada orang yang bisa kita kirim lagi.

Nuwun. Berkah dalem.
-agt agung pypm-


Jawaban:
Met Pagi Rm.

Wah, saya merasa gembira bahwa ada tindak lanjut dari peserta yang pernah training di KPTT. Itu sangat bagus. pasti bisa membuat mereka meningkat penghasilannya. Kalau sudah meningkat pasti juga sejahtera hidup mereka. Kalau demikian, kita sudah bisa ikut memberdayakan mereka. Maka ya lanjutkan....he.....\
 
salam, war


Surat II:
Selamat pagi Rm War.

Kemaren sore saya ke rumah Pak Wanto, di Karangnanas. Ada berita menggembirakan dari sana. Pak Wanto menanam padi model SRI, dan organik. Dua kali ini panenanannya, bagus. Tetangga-tetangga yang dulu mempertanyakan, kini pada ikut tanam padi model Pak Wanto.
      Malah sekarang oleh Pak Lurah, dia ditunjuk jadi penyuluh. Tugasnya, mempelopori, mengajari para petani di Karangnangka. Pihak kalurahan, memberikan dia sebidang sawah untuk demplot.
      Dia juga pernah saya kirim ke kursus pengobatan herbal, di Boyolali, tempat Pak Agus. Kini banyak pasien yang ditolongnya.

Semoga program-program yang tengah jalan, bisa makin jadi berkat bagi banyak orang.

Wasalam:
agung ypm


Jawaban:
Wah, berita yang sangat menggembirakan. Sangat bagus. Berarti, program-program yang telah kita jalankan benar-benar menjadi berkat bagi banyak orang. Nah, yang seperti ini, apakah bisa didokumentasikan? Pasti menjadi bahan yang menarik untuk dibagikan. Bisa disertai dengan data-data konkret: misalnya, panen berapa kg? Sebelum dengan SRI berapa kg? Biaya produksinya? Disertai dengan foto-foto yang representatif? pasti sangat bermanfaat bagi yang lain.
 
Salam, war

APP, Gerah,  kumpul dana , apapun bentuknya, adalah untuk membantu umat berdaya. Berdaya, artinya punya daya. Dari yang tadinya tak punya. Atau minim daya hidupnya. Menjadi ada daya tambahan, untuk hidup. Terutama hidup harian.
      Kerap laporan pengurus PSE, App, nada yang terdengar berupa penyesalan, keluhan, banyak kredit tak kembali. Atau proposal salah sasaran. 
      Sbg catatan,  mesti diingat bahwa, Gereja sebagai lembaga bukanlah lembaga bisnis, lembaga profit. Melainkan lembaga kasih. Sumbernya, kasih Yesus. 
      Maka, bantuan-bantuan, termasuk kredit-kredit, mesti menampilkan sapaan kasih Kristus. Bahwa ada yang mandheg, itu bagian-bagian dari proses. Orientasi Gereja bukanlah hasil, melainkan proses. Proses menyapa sesama. Selamat menyapa.

Syalom. Wilujeng. Rahayu.
Wasalam:
-Agung pypm-


 

Tidak ada komentar: