Jumat, September 04, 2009

Mata Indah Taman Hati(I)

Tiap orang punya mata. Dengan mata orang dapat melihat. Lihat alam, lihat sesama, lihat keindahan. Hidup, bisa terasa jadi indah. Tapi keindahan bisa terganggu, jika ada trouble di bagian mata. Ada gangguan yang tak ternyana-nyana. Maka pentinglah memiliki mata yang sehat. Mata yang normal. Mata yang terjaga.

Mata yang normal, punya ukuran tekanan. Tentu saja tekanan bola mata. Bukan tekanan angin. Dalam bola mata terdapat cairan yang disebut aquos. Cairan itu berganti terus, mengalir sesuai dengan siklus alamiahnya. Maka mata menjadi kelihatan basah terus.
Aliran aquos bisa terhambat. Jika terhambat tekanan bola mata jadi naik, meninggi. Menjadi bertekanan tinggi. Tekanan bola mata yang tinggi disebut glukoma.

Tekanan mata yang normal, adalah di bawah '20'. Jika kondisi tekanan di atas angka itu, ada resiko. Resikonya, syaraf mata bisa tertarik. Jika tertarik terus, bisa rusak. Syaraf yang rusak mengakibatkan penurunan penglihatan. Penanganan medis, berupa upaya agar tekanan bola mata, tak melibihi angka ukuran '20'.

Tekanan bola mata, jadi tinggi, tentulah ada penyebabnya. Penyebabnya, ada bermacam-macam, a.l.:
1. Bisa karena keturunan
2. Bisa pula karena trauma.
Trauma bisa berupa benturan, kena zat kimia, atau radang yang tak segera tertangani.

Mata radang bisa mengakibatkan microorganisma masuk ke dalam bola mata. Zat kimia bisa bermacam-macam kasus belinya. Bisa karena ketumpahan. Bisa pula karena obat. Biasanya obat mata. Atau pengurang rasa nyeri. Kandungan kimawi obat itu biasa disebut steroid. Penderitanya, lalu disebut glukoma steroid.

Mata yang sehat, adalah mata yang dijaga dan dirawat.
Dokter mata, menyarankan, baik kontrol mata tiap setengah tahun sekali.
Dalam obat tetes mata, tertera tulisan: "Jika dalam 3 x 24 jam, tak ada perubahan, segera hubungi dokter mata......!"

Selamat merawat mata. Agar tetap sehat.

Syalom. Wilujeng. Rahayu.
Wasalam:
-agt agung pypm-

Tidak ada komentar: