Senin, Agustus 16, 2010

Tiket masuk Sorga

Injil Matius, adalah injil kateketis. Ditujukan pada murid-murid Yesus yang ingin mengikuti lebih serius. Mereka adalah pengikut-pengikut kristen yang baru. Maka diberikan pengertian-pengertian tentang ikut Kristus itu bagaimana. Syarat-syaratnya apa, serta konsekwensinya bagaimana.

1. Syarat jadi pengikut Yesus, adalah berbuat baik.
Semua orang tahu bagaimana itu berbuat baik.

2. Perbuatan baik yang betul, hanyalah satu macem.

Yaitu, menuruti perintah Allah.

3. Detailnya, perintah yang mana ?
 
Adalah Perintah yang tertuang dalam Dekalog( 10 perintah Allah ): 
I. Jangan membunuh, 
II Jangan berzinah,
III. Jangan mencuri,
IV. Jangan bersaksi dusta.
V. Hormatilah ayah-ibumu, 
VI. Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri.

Itu-itu semua sudah baik. Tapi ternyata belum cukup. Belum sempurna. Yesus mengatakan, 'Jika engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu, dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin.'. Dengan ini, kita baru bisa  memperoleh harta di sorga. Syaratnya satu lagi,  'Datanglah kemari, dan ikutlah Aku !'.


'Jual segala milik & datang untuk ikut Yesus', itulah yang tak 
mudah dijalani orang. Karena di situ mesti ada pembebasan. Orang tak mudah membebaskan diri dari kelekatan. Lekat ini, lekat itu.Cari enak, cari nikmat. Tak peduli orang lain. Tak peduli nasehat Injil. 
Ini kritik bagi kita, bagi anda, dan bagi saya: Marilah kita ikut Yesus, dengan perbuatan baik. Dengan jalankan perintah Tuhan. Dan ikhlas lepaskan diri dari kelekatan pada hal-hal yang menjauhkan diri kita dengan Yesus.

Syalom. Wilujeng. Rahayu.

Wasalam:

-agt agung pypm-

Tidak ada komentar: